Rabu, 10 Maret 2010

Penentuan Level Stock

Seperti telah disinggung di bagian awal bab ini, bahwa level stock yang baik adalah yang memerlukan biaya terendah namun memberikan efektifitas dan efisiensi yang maksimal sehingga akan meminimalkan resiko penyimpanan dan lost of opportunity. Beberapa hal yang akan menjadi informasi dalam menentukan level stock antara lain :
1. Lead time, merupakan jangka waktu yang dibutuhkan sejak permintaan atau kanban dikeluarkan sampai item yang diminta siap untuk digunakan. Dengan demikian, maka Lead time disini telah memperhitungkan waktu yang diperlukan untuk menyampaikan informasi, menyiapkan barang, loading-unloading barang, dan transportasi. Semakin kecil Lead time akan semakin mengurangi level stock.
2. Lot Size, merupakan kuantitas pesanan (order quantity) dari item yang akan memberitahukan berapa banyak kuantitas yang harus dipesan. Apakah permintaan harus selalu pada kelipatan angka tertentu atau boleh bervariasi. Semakin kecil Lot Size juga akan semakin memperkecil level stock.
3. Safety stock, yaitu stock pengaman yang ditentukan oleh manajemen untuk mengatasi fluktuasi dalam permintaan (demand) dan/atau penawaran (supply). Pengendalian persediaan akan mempertahankan tingkat stock pada level ini (safety stock level) dalam setiap periode waktu. Safety stock selalu diusahakan sekecil mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar